Jumat, 17 Mei 2019

PENDAFATARAN SERDOS untuk FAI, 2019 ; download

 

Senin, 07 Januari 2019

Berkas SKP terbaru per 1 Januari - 31 Desember 2018,download

 

Rabu, 12 Desember 2018

DOKUMEN PENDAFTARAN KEPANGKATAN KOPERTAIS 4 THN 2018; download

Minggu, 12 Agustus 2018

Undangan Forum Prodi PBA di UNUJA Paiton; download Undangan [25-26 Agustus 2018]

 

Kamis, 05 Juli 2018

Bantuan Kemahasiswaan Kemenag, download

 

Sabtu, 21 April 2018

Materi Bpk. SUWENDI, Ancoms-2018, download PPT

 

Jumat, 03 Mei 2019

Workshop Evaluasi data EMIS CLUSTER SUSI, Undangan

 

Minggu, 11 November 2018

Workshop Pemutahiran data EMIS dan PDDIKTI Cluster MADURA |  [14 NOV 2018] | undangan

 

Kamis, 25 Oktober 2018

Workshop Pemutahiran data EMIS dan PDDIKTI Cluster SUSI |  [29 Okt 2018] | undangan

 

KOPERTAIS AWARD 2019 PADA RAPAT PIMPINAN PTKIS

DSC03958Rapat pimpinan (Rapim) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) yang diadakan oleh Kopertais IV Surabaya memunculkan kejutan dengan adanya Kopertais Award 2019. Pada jadwal yang diedarkan ke peserta, panitia tidak memasukkan agenda Kopertais Award 2019, namun saat pelaksaan Rapim PTKIS tanggal 26-28 April 2019, Kopertais justru memberikan penghargaan pada lima PTKIS terbaik pada masing-masing kategori.

Kategori pada Kopertais Award 2019 ini diantaranya adalah Pengelolaan Data Simkopta, Pengelolaan Data Emis dan PD Dikti, Kategori Pengelolaan Sumber Daya Manusia, dan Pengelolaan Jurnal terindeks Sinta. Untuk kategori Pengelolaan Sumber Daya Manusia, panitia memberikan lima juara sesuai tingkat PTKIS, yaitu Univesitas, Institut dan Sekolah Tinggi. Sementara untuk kategori Jurnal terindeks Sinta diambil dari kategori Sinta 2 dan Sinta 3.

Pada kategori Pengelolaan Data Simkopta, lima PTKIS terbaik diantaranya STID Al Hadid Surabaya (juara 1), STIS Miftahul ulum lumajang (juara 2), STIT Kupang (juara 3), IAI Al Qolam Malang (harapan 1) dan STIT UW Jombang (harapan 2). Sementara pada kategori Pengelolaan Data Emis dan PD Dikti, lima PTKIS terbaik adalah STAI Daruttaqwa Gresik, Universitas Yudarta Pasuruan, STIU Darussalam Bangkalan, STAI Darul Kamal NW Lombok Timur, dan Universitas KH.A.Wahab Hasbullah Jombang.

Untuk kategori Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada tingkat Universitas diraih oleh Universitas Islam Jember, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Hasyim Asy'ari Jombang, dan Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Untuk tingkat institute diraih oleh Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah Jember, Institut Agama Islam Darussalam Banyuwangi, Institut Agama Islam Al-Qolam Gondanglegi Malang,.          Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima, dan Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk. Sementara untuk tingkat Sekolah Tinggi pada kategori ini diraih oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Nganjuk, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Jembrana Bali, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim Tuban, Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim Surabaya, Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso

Pada Rapim yang diadakan di Premier Place Hotel Sidoarjo ini, penghargaan juga diberikan untuk kategori jurnal terindeks nasional yang didasarkan ada Sinta (Science and Technology Index) Ristekdikti. Untuk kategori Sinta 3 diperoleh Jurnal At-Ta'dib, Jurnal Kalimah, Jurnal Lisanud Had dari Universitas Darussalam (UNIDA) Pondok Modern Gontor Ponorogo, Junal Reflektika dari Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Jurnal JALIE dari Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Manyar Gresik, Jurnal Muróbbî dari Institut Agama Islam (IAI) Bani Fattah Jombang, Jurnal IQTISHODUNA dari Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Wonorejo Lumajang, Jurnal Indonesian EFL Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, dan Jurnal Fikrotuna dari Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan. Jawa Timur. Sementara Jurnal Tsaqofah dari FAI Universitas Darussalam Gontor merupakan satu-satunya peraih kategori jurnal terindeks Sinta 2. Sayangnya pada kategori ini tidak satupun PTKIS yang berhasil memperoleh juara pada kategori Jurnal terindeks Sinta 1.

Menurut Dr. KH. Ahmad Imam Mawardi, MA. Wakil Koordinator Kopertais Wil. IV Surabaya, penghargaan Kopertais Award 2019 dimaksudkan untuk memberi apresisasi pada PTKIS yang telah memberikan kontribusi terbaik mereka pada masing-masing kategori. Selain itu Kopertais Award 2019 juga bertujuan agar PTKIS di lingkungan Kopertais IV senantiasa mengembangkan mutu pendidikannya. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., PhD. selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya. (ay)

MENINGKATKAN MUTU DAN KEMANDIRIAN PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI MELALUI FORPIM PTKIS KOPERTAIS WILAYAH IV SURABAYA

DSC03794Eksistensi Rapat Pimpinan (RAPIM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kopertais wil IV Surabaya pada tanggal 26 sd 28 April 2019 di Hotel Premier Place Sidoarjo menjadi sangat strategis; 1. Rapim PTKIS kali ini diadakan secara terpisah dengan Rapim UINSA yang selama hampir 5 tahun selalu bersama; 2. Rapim ini melahirkan organisasi baru dalam lingkungan PTKIS; 3. Peserta lebih fokus dalam membahas program kerja Forum Pimpinan PTKIS dan rekomendasi ke Kopertais wil IV Surabaya.

Bila sebelumnya organisasi kelembagaan dalam naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya hanya bersifat parsial dan memiliki ketergantungan dengan Kopertais, maka setelah adanya kesepakatan para Rektor dan Ketua, PTKIS dalam naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya memiliki organisasi sentral dan bersifat mandiri. Para Rektor dan Ketua PTKIS dalam Rapat Pimpinan Kopertais IV Surabaya, menyetujui terbentuknya Forum Pimpinan (Forpim) PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya. Organisasi ini bertujuan untuk mencapai kemandirian dalam meningkatkan mutu PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Menurut Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., PhD., PTKIS membutuhkan kemandirian mengelola perguruan tinggi, apalagi di era revolusi industri 4.0, PTKIS juga membutuhkan inovasi yang tinggi agar dapat memaksimalkan peran untuk membentuk sumberdaya unggul di Indonesia. Senada dengan hal itu Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya,Dr. H.M. Yunus Abu Bakar, M.Ag., menegaskan bahwa kemandirian PTKIS dalam melaksanakan kegiatan peningkatan mutu PT akan memudahkan PTKIS untuk melaksanakan kegiatan kreatif yang menunjang peningkatan mutu PTKIS.

Pada rapat Pimpinan PTKIS tersebut forum memilih pengurus harian sebagai berikut: Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. dari Universitas Darussalam Gontor sebagai Ketua Umum; Dr. H. Mohammad Kuswadi, M.Pd (STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan) sebagai Ketua 1 Bidang Mutu Kelembagaan; Dr. Abd. Aziz, M.Ag. (Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong) sebagai Ketua 2 Bidang Kurikulum; Drs.Toha Machsun, M.Pd.I (STAI YPBWI Surabaya) sebagai Ketua 3 BIdang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM); Dr. M. Natsir, M.Pd (STIT Al Aziziyah Kapek Lombok Barat) sebagai Ketua 4 Bidang Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. (IAI Tribakti Kediri) sebagai Ketua 5 Bidang Jurnal, Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual; Drs. H. Imam Bahrozi, MM (STAI Al-Azhar Menganti Gresik) sebagai Ketua 6 Bidang Kemahasiswaan; Drs. H. Hambali, M.Pd. (Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo), sebagai Sekretaris Umum; Abdul Mukit, S.Th.I.,M.Pd.I. (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan) sebagai Sekretaris 1; Dr. H. Muhammad Ahyar Fadly, M.Si.(IAI Qamarul Huda Bagu Loteng) sebagai Sekretaris 2; Dr. Istikomah, M.Ag (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) sebagai Bendahara Umum; Mahbub Junaidi, M.Th.I (Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan) sebagai Bendahara 1; Drs. H. Anwar Sa'dullah, M.Pd.I (Universitas Islam Malang) sebagai Bendahara 2; Para pengurus tersebut menjadi Pengurus Harian Forpim PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya untuk masa bakti 2019-2021.

Rapat Pimpinan PTKIS tersebut dihadiri oleh 186 Pimpinan PTKIS di bawah Kopertais Wilayah IV Surabaya. Rapim ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. H. Arskal Salim GP, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, yang menyampaikan materi tentang Kemandirian Pengelolaan PTKI di Era Revolusi Industri 4.0. Selain itu narasumber lainnya adalah Dr. Suparto, S.Ag., M.Ed. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dengan materi Relevansi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dengan 9 Kriteria dengan Mutu Pendidikan TInggi.

Dalam kesempatan ini, Wakil Koordinator Kopertais IV Surabaya, Dr. KH. Ahmad Imam Mawardi, MA menyampaikan hasil polling tentang persepsi layanan Kopertais Wilayah IV Surabaya oleh PTKIS. “Hasil polling menunjukkan bahwa PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya banyak yang merasa puas dan bahkan sangat puas terhadap layanan Kopertais Wilayah IV Surabaya”. Memang masih ada beberapa PTKIS yang mengisi polling dengan kurang puas, meskipun tidak terlalu dominan. Namun hal ini akan menjadi pekerjaan rumah yang akan diselesaikan sehingga seluruh PTKIS merasa puas terhadap layanan Kopertais IV Surabaya (ay)

KOPERTAIS WILAYAH IV SURABAYA SEGERA MELUNCURKAN APLIKASI TERINTEGRASI PADALAPORAN PDDIKTI, EMIS, DAN SIMKOPTA

Foto Acara di DenpasarDenpasar, Bali(16/12/2017). Berbeda dengan workshop-workshop sebelumnya. Pada workshop kali ini selain membahas problem solving, juga ada demo aplikasi yang bisa mengintegrasi tiga pelaporan PDDIKTI, EMIS dan SIMKOPTA dengan satu kali input.

“Oleh karena semua pelaporan , yang berkaitan dengan akademik Perguruan Tinggi (baik PDDIKTI, Emis, Simkopta, Serdos, BKD) harus menggunakan online. Maka mau tidak mau operator harus bisa mengoperasikannya. “ Pemaparan Bapak Nur Hasib , Tim IT Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Aplikasi dengan nama SIAB itu dapat mengintegrasi tiga pelaporan PDDIKTI, Emis dan Simkopta sekaligus dengan hanya satu kali input. Ini dapat mengefesiensikan sistem pelaporan tepat waktu. Karena seketika pelaporan diminta oleh Kopertais IV, Kemenag RI maupun Kemenristek, maka perguruan tinggi harus melaporkan secara tepat waktu dan valid.

“SIAB ini sudah dipersiapkan sejak lama, namun masih banyak perbaikan-perbaikan. Setelah kemaren kita berkumpul Moch. Kholil, Nur Hasib, dan Nurhafid Ishari bersama semua Ketua Cluster Pangkalan Data Kopertais IV di STDI Imam Syafi’i Jember. Kita segera akan meluncurkan aplikasi ini untuk mempermudah pelaporan yang tepat waktu dan valid.” Pemaparan Muhammad Irhami Operator STDI Syafi’i Jember

Usulan dari sebagian operator tentang aplikasi ini, agar segera mungkin diluncurkan agar langsung bisa dirasakan oleh perguruan tinggi di bawah naungan kopertais IV Surabaya. Karena pelaporan ini sangat mempengaruhi terhadap bantuan sarpras juga.

“Bantuan sarpras untuk perguruan tinggi itu sebagai bentuk support Negara untuk memotivasi perguruan tinggi agar lebih maju. Terutama pada pem-validan data perguruan tinggi. Kalau tidak bisa sia-sia bantuan Negara itu” Jelaskan Bapak Muhammad Kholil Koordinator IT Kopertais Wilayah IV dengan khas penyampaiannya.

Lanjut Ketua Cluster Tapalkuda-Balidan Cluster Sasambo mempersilahkan 7 (tujuh) PTKIS baru untuk perkenalan diri dihadapan peserta workshop agar semakin solid dan kompak. Karena salah satu tujuan workshop adalah memecahkan permasalahan pada saat itu juga. Karena kalau sudah di kampus masing-masing itu sangat sulit sekali komunikasinya. Menurut Muhammad Irhami dalam sela-sela pemaparannya.

Hari kedua workshop ini langsung dihadiri oleh Tim Pokja PDDIKTI Kemenag RI Bapak Alip Nuryanto. Beliau memulai penjelasannya dengan pemaparan bagaimana pentingnya kevalidan forlap dikti bagi perguruan tinggi. Apalagi saat sekarang ini untuk akreditasi harus menggunakan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Yang menjadi pertimbangan SAPTO adalah Jumlah Dosen minimal 6 NIDN, Daftar Riwayat Pendidikan, dan Rasio Dosen”. Penjelasan Bapak Alip Nuriyanto

Karena meluluskan Mahasiswa dengan tanpa akreditasi, ancamannya adalah pidana. Tambahnya pak Alip Nuriyanto. Untuk itu semua data dosen harus terupdate. Untuk itu harus sesering mungkin menghubungi operator pusat. Berhubung masih banyak kampus yang mengajukan Perubahan Data Dosen (PDD). Bayangkan saja seperli UIN itu ada seribu lebih dosen yang diajukan perubahan data dosen dikali berapa UIN di Indonesia. Sambil tersenyum pak Alip menyampaikan “ Meskipun seperti dikejar-kejar seperti debt collector. Pagi, siang, samapi malam ditelpon.

Tepat pukul 09.00 WITA ketua STAI Denpasar Bapak Jumari menutup kegiatan workshop didampingi oleh Tim Pokja PDDIKTI Kemenag RI, perwakilan Kopertais IV, Ketua Cluster Tapalkuda-Bali dan Sasambo serta sivitas akademik STAI Denpasar. Alhamdulillah semua peserta sangat puas dengan workshop ini karena sangat membantu, apalagi bagi perguruan tinggi baru. Hal ini diungkapkan oleh Kamaludin Operator STIQ Walisongo Situbondo. (edo/abdi).

  

Halaman 1 dari 25

Joomla templates by Joomlashine