Kamis, 18 Mei 2017

Undangan Sosialisasi Gerakan Saya Pcrempuan Anti Korupsi (SPAK), downlaod

 

Senin, 15 Mei 2017

Pendataan Calon Peserta Sertifikasi Dosen Tahun 2017 download

 

Sabtu, 11 Maret 2017

Pemberkasan BKD Dosen Tahun 2017,download dan Aplikasi BKD

 

Selasa, 16 Mei 2017

Workshop Ejournal Foredj Cluster TapalKuda,[21 Mei 2017],Download

 

Selasa, 09 Mei 2017

Undangan Annual Conferenc (ANCOMS) [13 Mei 2017], Download

 

Jumat, 28 April 2017

Hasil Seleksi AnComs 2017  downnload

 

Kamis, 30 Maret 2017

Workshop Ejournal Foredj Cluster madura,[5 April 2017] Download

 

Selasa, 14 Maret 2017

Pertemuan EMIS-PDDIKTI Cluster SUSI-NTT, download

 

Rabu, 08 Maret 2017

Pertemuan EMIS-PDDIKTI Cluster Pantura 2017,Undangan

 

jaminan mutuPenjaminan mutu dalam penyelenggraan pendidikan tinggi saat ini mejadi satu hal yang mutlak dilakukan. Dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 52 ayat 1 dijelaskan bahwa penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Lebih lanjut dijelaskan pada ayat 2 bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

Menyadari hal tersebut, sekaligus sebagai wujud komitmen dalam upaya peningkatan mutu PTAIS, Kopertais Wilayah IV menggelar Workshop Sistem Penjaminan Mutu bagi Pengelola Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan PTAIS pada tanggal 26-28 Mei 2014. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut hasil Rapat Kerja Pimpinan PTAIS Kopertais Wilayah IV tahun 2013 di Bali yang merekomendasikan kepada Kopertais agar segera melaksanakan workshop sistem penjaminan mutu. Acara yang digelar di Hotel Utami Sidoarjo ini merupakan kegiatan untuk gelombang I dan II, sementara gelombang III dilaksanakan di Mataram NTB pada bulan Juni 2014. Tercatat 106 peserta dari perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu PTAIS dari wilayah Jawa Timur dan NTB (Bima) turut berpartisipasi dalam kegiatan gelombang I dan II ini.

Hadir sebagai nara sumber antara lain: Dr. Mastuki (Kasubdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI); Dr. Achmad Syahid (Ketua Lembaga Peningkatan dan Jaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta); Dr. Nur Fitriatin, M.Ed (Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya); serta Dr. Asep Saepul Hamdani (Kepala Pusat Audit dan Kendali Mutu Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya). Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mastuki menegaskan bahwa makna sistem penjaminan mutu jangan tereduksi hanya sebatas aktivitas ritual tiga tahunan dalam bentuk akreditasi. “Penjaminan mutu harus dipahami sebagai proses menyeluruh dan berkelanjutan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi sesuai standar yang ditetapkan”, tandasnya.

Selama tiga hari, para peserta digembleng materi-materi seputar kebijakan penjaminan mutu dan penyusunan dokumen penjaminan mutu, serta prosedur audit mutu perguruan tinggi. Mereka tampak antusias dan aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan workshop. Bersama nara sumber dan fasilitator, peserta diarahkan untuk dapat merumuskan dokumen kebijakan mutu, dokumen standar mutu, dokumen standar operational procedure, dan dokumen instruksi kerja. Peserta di bagi dalam beberapa kelompok untuk merumuskan dokumen penjaminan mutu sekaligus mempresentasikan hasil kepada kelompok lain. Selanjutnya, materi dan hasil rumusan penjaminan mutu selama workshop menjadi pijakan untuk pengembangan sistem penjaminan mutu di masing-masing PTAIS.

Pada sesi akhir workshop, peserta sepakat membentuk Asosiasi Lembaga Penjaminan Mutu PTAIS sebagai upaya tindak lanjut sekaligus wadah komunikasi dan kerjasama antar LPM PTAIS. Para peserta sepakat memilih Syafiqur Rohman dari INSTIK An-Nuqoyyah Guluk-Guluk Sumenep sebagai ketua asosiasi. Koordinator Kopertais Wilayah IV, Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag, pada kesempatan tersebut menaruh harapan besar kepada para pengelola LPM PTAIS agar dapat mengimplementasi hasil workshop dalam memperbaiki dan mengembangkan sistem penjaminan mutu di masing-masing PTAIS. “Keberadaan asosiasi mudah-mudahan dapat menjadi wadah untuk membangun komunikasi antara Kopertais dan PTAIS dalam menterjemahkan kebijakan-kebijakan penjaminan mutu perguruan tinggi”, tambahnya. [MNH]

Joomla templates by Joomlashine